FAKTOR MANUSIA (INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER)

1.PENGLIHATAN
  • Luminans: banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek.
  • Kontras: hubungan antara cahaya yg  dikeluarkan oleh suatu obyek & cahaya dari latar belakang obyek tersebut. 
  • Kecerahan: tanggapan subjektif pada cahaya 
Sudut dan Ketajaman Penglihatan 
  • Sudut Penglihatan (visual angle): sudut yg berhadapan oleh obyek pada mata. 
  • Ketajaman Penglihatan (visual acuity): sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah obyek dengan jelas. 
  • Medan penglihatan: sudut yg dibentuk ketika mata bergerak ke kiri terjauh dan ke kanan terjauh,yg dapat dibagi menjadi 4 daerah. 
  • Warna: penglihatan warna normal 128 warna yg berbeda, dgn posisi obyek sudut 60 derajat
    terhadap mata. 
  • Psikologi Warna: warna merupakan suatu sensasi yg dihubungkan dengan sistem syaraf kita. 
  • Sensasi warna diperoleh dgn adanya interaksi antara warna dgn sistem syaraf sensitif warna kita. 
  • Persepsi: proses pengalaman seseorang dlm menggunakan sensor warnanya.
 2.PENDENGARAN  
  • Kebanyakan manusia dpt mendeteksi suara dlm kisaran frekuensi 20 Hertz sampai 20 KHertz,batas bwh & batas atas biasanya dipengaruhi olh umur dan kesehatan seseorang. 
  • Suara yg berkisar pada frekuensi1000-4000 Hertz menyebabkan pendengaran menjadi lebih sensitif. 
Suara juga dapat bervariasi dalam hal kebisingan (laudness) 
  • Suara bisikan: 20 dB 
  • Percakapan: 50 dB sampai 70 dB. 
  • Kerusakan Telinga: lebih dari 140 dB. 
  • Penggunaan suara dlm IMK memerlukan pertimbangan & perancangan yg baik.
3.SENTUHAN
  • Sensitifitas sentuhan lebih dikaitkan dengan aspek ergonomis (faktor kenyamanan kerja) dalam sebuah sistem.
  • Manusia merasa lebih nyaman apabila tangannya merasakan adanya sensasi sentuhan.

 4.PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN  
  • Pengolahan sadar (conscious processing) terjadi ketika rangsangan yg datang dibawa ke bagian intelektual dan memerlukan beberapa waktu untuk menghasilkan suatu tanggapan yg sesuai. 
  • Pengolahan Otomatis (reflek)
Register Sensori 
  • Pengolahan perseptual yg menyediakan hubungan dari organ-organ sensori ke otak dapat dipandang sebagai sekumpulan register penyangga temporer. 
  • Informasi yg masuk akan disimpan dlm bentuk fisik, dan bukan dlm bentuk simbolik.  
Kanal Kapasitas Rendah 
  • Kanal antara register sensori dan memori jangka pendek mempunyai kapasitas rendah yg secara praktis menyatakan adanya keterbatasan seseorang untuk memperhatikan semua masukan sensori secara serentak. 
  • Laju data masukan secara sadar mempunyai kecepatan rendah.
Memori Jangka Pendek 
  • Dapat dilihat sebagai penyimpan temporer.
  • Informasi disimpan dlm bentuk terkodekan bukan dlm bentuk fisik.
  • Memori kapasitas rendah mempunyai waktu penyimpanan yg sangat singkat, sekitar 20 – 30 detik.
Memori Jangka Panjang 
  • Informasi dlm memori jangka pendek akan dikirim ke memori jangka panjang dengan suatu usaha di bawah kesadaran penuh yg disebut belajar atau lewat proses bawah sadar yg berulang-ulang.
Sikap dan Kecemasan Pengguna  
  • Sikap negatif pengguna ketika sedang menggunakan komputer dapat mempengaruhi unjuk kerja pengguna serta mengurangi kemampuannya untuk mempelajari sistem komputer.
  • Kecemasan pengguna seringkali ditimbulkan oleh adanya rasa takut salah. 
  • Sistem Komputer harus dirancang agar mempunyai sifat yg ramah dengan pengguna. 
  • Sistem Komputer sebaiknya juga dapat memberikan semacam petunjuk ketika pengguna melakukan kesalahan.
Pengendalian Motorik 
  • Responder utama pada diri operator manusia adalah dua buah tangan yg berisi 10 jari, dua kaki, dan satu suara.
  • Kebanyakan orang yg terbiasa melakukan tugas pengetikan 10 jari untuk mendapatkan kecepatan 1000 huruf per menit barangkali merupakan kemampuan yg umum.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar