RAGAM DIALOG (INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER)

Ragam Dialog Interaktif
  • Dialoque style: Cara yg digunakan u/mengorganisasikan berbagai teknik dialog.
  • Secara umum dikelompokkan menjadi 9 kategori: command line, programming language, natural language interface, Menu, form filling, ikon, windowing system, manipulasi, interaksi grafis.
Sifat Penting
  • nisiatif (sifat dasar: komputer & pengguna)
  • Keluwesan/Fleksibel (kemampuan system mencapai tujuan lewat sejmlh cara berbeda)
  • Kompleksitas (kompleksitas implementasi semakin bertambah besar)
  • Kekuatan (jumlah kerja system untuk setiap perintah pengguna) dan
  • Beban informasi (penyajian informasi yg baik)
 Dialog Berbasis Perintah Tunggal (Command Line)   
  • Ragam yg paling konvensional , tergantung pd sistem komputer yg dipakai, dan berada dlm suatu domain perintah ( command language). 
  • Cth: DOS ( C:\>DIR,C:\DOS>FORMAT A: /S) dan UNIX (vi, ls, who, lpr, passwd).
keuntungan = cepat, efisien, akurat, ringkas, luwas, inisiatif oleh pengguna dan appealing.
Kerugian = Memerlukan pelatihan yg lama, membutuhkan penggunaan yg teratur, beban ingatan yg tinggi, jelek dlm menangani kesalahan.
 Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman 

  • Memungkinkan pengguna u/mengemas sejumlah perintah ke dlm suatu berkas (batch file)
  • Tidak harus menggunakan salah satu bhs pemrograman baik rendah maupun tinggi (Assembler, pascal, C, Fortran atau basic), tetapi harus mengikuti aturan-aturan tertentu.
Antarmuka Berbasis Bahasa Alami (natural language) 
  • Dalam Fiksi Ilmiah seringkali ada Komunikasi IMK lewat suatu bahasa ucapan yg secara jelas memanfaatkan bahasa alami.
  • Cth: Cetak daftar semua mahasiswa yang mempunyai IP semester lebih besar dari 3.0 
  • DiterjemahkandgndBASEatau FoxPro >>> DISPLAY ALL FOR IPSEM < 3.0 
keuntungan = Tidak memerlukan sintaksis khusus, luwes dan powerful, alamiah, merupakan inisiatif campuran.
kerugian = Mempunyai dualisme, tidak presis, bertele-tele, Opaque, perancangan perangkat lunak yg rumit, tidak efisien.
Sistem Menu
  • Pilihan tepat u/menunjukan kemampuan dan fasilitas yg dimiliki oleh sebuah program aplikasi kepada pengguna. 
  • Menu : daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yg biasanya berupa suatu kalimat atau kumpulan beberapa kata. 
 Dua jenis Sistem :
  • Sistem Menu Datar dan sistem menu tarik (pulldown) yg berbasis hirarki pilihan (struktur pohon pilihan)
  • Sistem menu datar : sistem menu yg menampilkan semua pilihan secara lengkap.
  • Sistem menu tarik (pulldown): sistem menu yg akan menampilkan pilihan dalam kelompok-kelompok tertentu. 
Sistem Penjendelaan
  • Secara umum window adalah bagian dari layar yg digunakan untuk menampilkan suatu informasi.
Manipulasi Langsung 
  • Kontrol proses  
  • Editor teks  
  • Simulator  
  • Kontrol lalu lintas penerbangan  
  • Perancanganbentuk/model
Antar muka berbasis interaksi grafis
  • Program-program yang berkemampuan hypertext (link)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar